Komputer dan sistem jaringan Komputer mikrotik microsoft office excel routeros routerboard cara mengatasi semua ada disini, mari berbagi

SISTEM JARINGAN KOMPUTER       L3 |  INFO TEKNOLOGI  |  NETWORKING  |  HARDWARE  |  SOFTWARE  |  MIKROTIK  |  TIP&TRIK KOMPUTER  |   CONTACT




Wednesday, March 23, 2016

Mikrotik router

Pengertian mikrotik adalah sebuah sistem operasi berbasis jaringan yang memiliki kemampuan menentukan rute transportasi data. sistem operasi mikrotik umumnya terpasang pada perangkat router, dimana saat ini yang banyak digunakan berupa routerboard. 
perangkat router dengan sistem operasi mikrotik dilengkapi dengan banyak program yang berguna untuk pengaturan jaringan khususnyadalam hal memberikan peningkatan security dalam jaringan. 
program diantaranya adalah :
pengaturan interface :
yaitu sebuah featur yang digunakan untuk memberikan penandaan dengan penggantian nama pada sebuah ethernet ( port ,umumnya RG45 yang dimiliki oleh router ) sehingga dalam penanganan administrasi jaringannya akan lebih mundah.
Pengaturan ip :
merupakan feature untuk memberi atau mengubah alamat ethernet ( alamat ip ), hak akses ethernet melalui firewall, membuat hotspot dengan user tertentu,
pengaturan Bandwith ( queues ) :
merupakan sarana pembagi bandwith ( besaran transfer data ) berdasarkan port ethernet maupun host client yang terhubung  pada salah satu ethernet.
dhcp-server :
adalah kemampuan untuk mendistribusikan ip secara dinamyc oleh setiap ethernet yang dimiliki oleh router.
dhcp-client digunakan untuk menerima kontribusi ip secara dinamyc dari perangkat lain yang mengaktifkan dhcp server-nya.
bridge : berperan sebagai jembatan antar jaringan.
serta masih banyak lagi feature-feature yang dimiliki oleh mikrotik router, sehingga sampai saat ini perangkat routerboard merupakan satu-satunya perangkat yang paling banyak dimanfaatkan oleh para administrator jaringan dalam mengelola jaringannya. 

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment