Komputer dan sistem jaringan Komputer mikrotik microsoft office excel routeros routerboard cara mengatasi semua ada disini, mari berbagi

SISTEM JARINGAN KOMPUTER       L3 |  INFO TEKNOLOGI  |  NETWORKING  |  HARDWARE  |  SOFTWARE  |  MIKROTIK  |  TIP&TRIK KOMPUTER  |   CONTACT




Wednesday, October 5, 2016

pengertian antena sectoral

antena sectoral
antena sectoral
antena sectoral adalah perangkat jaringan wireless yang memiliki kemampuan menyebarkan sinyal secara directional ( searah ), dengan gain yang jauh lebih tinggi dari pada pola pemancaran omni directional ( menyebar membentuk area lingkaran ) yaitu antara 10-19dbi.

antena sectoral pada umumnya mampu menyebar signal gelombang hingga jarak 6-8km tentunnya dengan memperhatikan tingkat ketinggian pemasangan ( saat instalasi ). selain itu antena sectoral memiliki sudut pancaran antara 45 - 180 derajat tergantung spesifikasi dan konfigurasi yang dimiliki.

gain sendiri artinnya adalah kekuatan pancaran signal, dengan kata lain semakin besar gain yang digunakan maka pancaran signal yang dihasilkan juga semakin jauh. pada pemilihan gain yang digunakan bersifat relatif, artinnya menyesuaikan dengan kondisi dilapangan saat proses instalasi.

antena sectoral umumnya diinstalasi sebagai aksess point karena pada awalnnya ditujukan sebagai penyebar koneksi, dengan pemanfaatan dapat mengembangkan area jaringan yang lebih luas melalui jaringan wireless.

keuntungan dari antena sectoral antara lain :

  1. dapat meminimalis biaya jaringan : artinnya dengan pengembangan koneksi melalui jaringan wireless maka pengadaan hardware berupa media transmisi yang mana dalam menghubungkan antar lokasi yang berjauhan harus memilih media transmisi kabel yang berkualitas bagus dengan harga mahal, belum lagi jika kita terkendala dengan jarak maksimal media transmisi, berarti harus menambahkan perangkat lain ( repeater ) agar dapat terhubung. maka dengan adannya antena sectoral, perangkat tersebut tidak perlu diadakan.
  2. lebih aman : artinya dengan menggunakan koneksi antena, keamanan perangkat lebih terjamin, karena tidak terganggu oleh pembonggkaran dan pengembangan infrastruktur pemerintah seperti jalan dan jembatan, karena umumnya untuk menghubungkan lokasi yang jauh kita selalu menanam kabel di sepanjang jalan raya.
  3. untuk outdoor : antena sectoral didesign untuk kebutuhan koneksi di lapangan ( luar gedung )
kelemahan antena sectoral antara lain :


  1. kelemahan pada sisi konfigurasi : banyak sekali pihak yang berada diluar jaringan kita berusaha untuk masuk kedalam jaringan melalui koneksi yang disebar antena sectoral , namun hal ini masih dapat diantisipasi
  2. moilitas kurang : dengan menggunakan antena sectoral secara umum mobilitas dalam berhubungan menjadi kurang.
  3. kurang fleksible jika terdapat ekspansi
Antena sectoral merupakan merangkat yang menggunakan waveguide ( system yang digunakan pada radio microwave ), yaitu sistem pemampatan signal pada tabung yang kemusian dikeluarkan dan disebarkan melalui slotnya yang bertujuan menghasilkan signal dengan kualitas yang bagus.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment