Komputer dan sistem jaringan Komputer mikrotik microsoft office excel routeros routerboard cara mengatasi semua ada disini, mari berbagi

SISTEM JARINGAN KOMPUTER       L3 |  INFO TEKNOLOGI  |  NETWORKING  |  HARDWARE  |  SOFTWARE  |  MIKROTIK  |  TIP&TRIK KOMPUTER  |   CONTACT




Tuesday, March 22, 2016

Hardware ( Perangkat Keras ) Jaringan Komputer

Perangkat keras Jaringan komputer merupakan segala bentuk perangkat yang digunakan untuk membangun jaringanbaik mulai dari jaringan lokal sampai jaringan internet. perangkat keras jaringan mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga saat ini, dimana perkembangan tersebut menghasilkan perangkat - perangkat pendukung baru yang lebih fleksible untuk digunakan.

1. Server
merupakan sebuah komputer dengan spesifikasi Khusus dengan storage dan Memory yang besar yang terfokus pada pelayanan terhadap komputer-komputer workstation maupun dump komputer yang ada di bawah-nya.

2. Client
Adalah komputer yang mendapatkan pelayanan dalam hal komunikasi antar host maupun antar jaringan.

3. Media Transmisi Jaringan
Media yang digunakan untuk saling terhubung diantara Host didalam jaringan komputer.
media transmisi ini di bagi menjadi dua jenis yaitu wired ( cabling ) dan Wireless ( non cable ) atau yang sering disebut dengan jaringan WiFi.

4. Terminator jaringan
merupakan perangkat yang dapat membalikkan sinyal yang diterima sehingga memungkinkan tidak terjadinya Loss data dalam proses transfer data. perangkat ini hanya digunakan pada Topologi BUS untuk memberikan batasan panjang Kabel Utama.

5. T Connector
adalah perangkat yang membentuk percabangan jalur untuk menghubungkan sebuah host pada jaringan dengan topologi BUS. T Connector umumnya digunakan untuk media transmisi kabel coaxial.

6. HUB/Switch HUB
perangkat yang memiliki kemampuan untuk memusatkan koneksi didalam sebuah jaringan, perangkat ini hanya digunakan dalam Topologi STAR ( bintang ). perangkat ini merupakan perangkat yang paling kritis didalam jaringan karena dituntut bekerja selama Jaringan koputer digunakan untuk berkumonikasi.

7. Router
perangkat yang digunakan untuk menghubungkan jaringan yang menggunakan protokol yang sama, memiliki kemampuan untuk menentukan rute tranfer dalam jaringan dengan alamat jaringan berbeda.

8. Repeater
perangkat dengan kemampuan memperbaharui sinyal sehingga sebuah media transmisi jaringan dapat menghantarkan data informasi melebihi jangkauan maksimumnya.

9. NIC ( Network interface Card )
merupakan penghubung secara fisik yang terpasang pada sebuah perangkat jaringan yang menggunakan media transmisi kabel

10. Adapter wireless
perangkat yang memiliki kemampuan menerima dan mengrimkan sinyal melalui gelombang radio. perangkat ini yang sampai saat ini menjadi perangkat paling efisien untuk disematkan dapalam komputer dan seluler untuk berkomunikasi dalam jaringan.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment