Komputer dan sistem jaringan Komputer mikrotik microsoft office excel routeros routerboard cara mengatasi semua ada disini, mari berbagi

SISTEM JARINGAN KOMPUTER       L3 |  INFO TEKNOLOGI  |  NETWORKING  |  HARDWARE  |  SOFTWARE  |  MIKROTIK  |  TIP&TRIK KOMPUTER  |   CONTACT




Tuesday, March 22, 2016

Topologi Jaringan komputer ( cara membentuk jaringan Komputer )

Topologi Jaringan adalah sebuah cara dalam membuat hubungan antar Host ( titik ) sehingga dapat berkomunikasi antar  anggota jaringan. sampai saat ini kita kenal beberapa bentuk ( topologi ) jaringan diantaranya adalah :

1. Topologi BUS.
Topologi BUS
adalah topologi atau pembentukan jaringan komputer yang menggunakan satu buah kabel utama sebagai garis lurus Hubungan antar Host. topologi BUS ini memiliki bentuk fisik pada ujuing kabel utama, umumnya berupa terminator ( pembalik sinyal ). kecepatan jaringan ini masih sangat rendah karena faktor dari media transmisi yang digunakan beruipa kabel coaxial.




2. Topologi RING ( topologi cincin )
Topologi Ring
adalah pembentuikan jaringan komputer dengan menggunakan satu buah kabel utama dimana dari setiap ujung kabel utama tersebut di pertemukan kembali  sehingga secara logika membentuk sebuah lingkaran, meskipun dalam kondisi sebenarnya tidak harus melingkar. topologi ini terkenal dengan kecepatan transfer yang sangat tinggi, faktornya adalah setiap anggota jaringan akan berperan dalam melakukan proses komunikasi, sehingga terjadi pembaharuan sinyal di setiap host. namun Bentuk topologi RING dirasa kurang fleksible, karena keikutsertaan setiap host dalam setiap proses komunikasi menyebabkan gagalnya komunikasi jika terdapat satu buah host yang sedang bermasalah.


3. Topologi STAR ( Bintang )
Topologi Star
adalah pembentukan jaringan komputer dengan pemusatan koneksi pada sebuah perangkat yang di sebut konsentrator jaringan, biasanya berupa HUB atau SWITCH. topologi ini adalah sebuah bentuk yang paling fleksible diantara bentuk-bentuk yang lain, dengan adanya perangkat konsentrator yang diterapkan dalam topologi ini membuat penanganan jaringan yang mudah, tidak mengganggu komunikasi antar host saat di lakukan perubahan atau perbaikan pada sebuahsalah satu anggota jaringannya dan kecepatanya sudah mencapai 100mbps





4. Topologi Hybrid
sering juga disebut dengan topologi Tree, merupakan gabungan antar topologi yang telah ada, topologi ini dapat kita lihat pada jaringan komputer dengan cakupan yang luas seperti MAN atau WAN. faktor lain adalah karena adanya penambahan jaringan yang tidak memungkinkan untuk merubah topologi sebelumnnya karena alasan biaya.









5. Topologi Mesh ( Acak )
merupakan pembentukan jaringan yang hubungan antar host yang dimiliki tidak beraturan, artinya komunikasi ini dibentuk tidak berdasarkan struktur yang benar menurut hubungan antar host yang seharusnya ( asal nyambung ).


Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment