Komputer dan sistem jaringan Komputer mikrotik microsoft office excel routeros routerboard cara mengatasi semua ada disini, mari berbagi

SISTEM JARINGAN KOMPUTER       L3 |  INFO TEKNOLOGI  |  NETWORKING  |  HARDWARE  |  SOFTWARE  |  MIKROTIK  |  TIP&TRIK KOMPUTER  |   CONTACT




Tuesday, March 22, 2016

Pengertian dan Jenis jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah hubungan dua atau lebih komputer otonom ( komputer yang mampu berdiri/beroperasional sendiri ) melalui media transmisi jaringan untuk berbagi informasi dan resouce.

terdapat beberapa pengelompokan jaringan komputer, diantaranya adalah.
Berdasarkan Media Transmisi yang digubakan :
1. Wired ( jaringan Kabel )
adalah jaringan komputer yang mengggunakan media penghubung berupa kabel untuk dapat saling berkomunikasi antar host maupun antar jaringan. untuk jenis kabel yang digunakan bisa berbeda-beda sesuai kebutuhan.

2. Wireless ( jaringan Non Kabel )
adalah jaringan komputer yang membentuk hubungan secara mobile dalam berkomunikasi antar Host ( titik ). media transmisi yang digunakan adalah gelombang radio, dimana jaringanseprti ini dirasakan sangat fleksible yang tidak memerliukan tata ruang khusus.

berdasarkan hubungan dan kedudukan antar host, Jaringan Komputer di bagi menjadi dua :
1. Jaringan client server
yaitu jaringan yang meliputi beberapa komputer workstation dan satu server, komputer client umumnya bergantung pada pengaturan / konfigurasi yang di sediakan oleh server dan hal hak akses antar host dalam satu jaringan komputer maupun antar komputer yang berbeda jaringan. sedangkan komputer  server ( bisa dikatakan sebagai induk jaringan akan memberikan pelayanan pada setiap proses yang di butuhkan client untuk saling berkomunikasi.

2. jaringan peer to peer
yaitu jaringan komputer yang memiliki anggota jaringan dengan kedudukan yang sama, setiap anggota jaringan memiliki hak akses yang sama, jaringan seperti ini hanya memanfaatkan sistem security yang disediakan oleh masing - masing sistem sistem operasi yang terpasang pada komputer workstation.

Berdasarkan Cakupan Area yang dimiliki Jaringan di kelompikkan menjadi 4 :
1. Jaringan LAN ( Lokal Area Network )
adalah sebuah jaringan kecil yang terdiri hanya beberapa Host dengan pendistribusian tidak lebih dari satu subnetmask yang memiliki range alamat Host terkecil. Jaringan seperti ini adalah jaringan yang paling banyak digunakan dalam membentuk komunikasi antar host didalam ruangan atau gedung perkantoran

2. Jaringan MAN ( Metropolitan Area Network )
Adalah jaringan-jaringan Lokal yang terhubung dalam radius yang lebih luas daripada LAN, cakupannya bisa mencapai Antar kota, namun secara keseluruhan masih bersifat pribadi dimana cakupannya bisa mencapai satu provinsi.

3. Jaringan WAN ( Wide Area Network )
adalah Jaringan yang menghubungkan banyak jaringan MAN dan LAN yang memiliki cakupan area hingga antar Negara dan Benua, namun aksesnya masih memiliki privasi yang artinya tidak harus dapat diakses secara global.

4. Internet ( jaringan Global )
Adalah Hubungan antar jaringa yang ada diseluruh Dunia dengan Hak akses yang sama dimiliki oleh beberapa jaringan yang terhubung. jaringan ini yang memungkinkan semua pengguna jaringan komputer untuk dapat medapatkan informasi dari seluruh penjuru Dunia.


Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment