Komputer dan sistem jaringan Komputer mikrotik microsoft office excel routeros routerboard cara mengatasi semua ada disini, mari berbagi

SISTEM JARINGAN KOMPUTER       L3 |  INFO TEKNOLOGI  |  NETWORKING  |  HARDWARE  |  SOFTWARE  |  MIKROTIK  |  TIP&TRIK KOMPUTER  |   CONTACT




Saturday, September 17, 2016

Firewall Mikrotik - Pengertian dan fungsi Firewall Nat

Mikrotik yang merupakan sebuah sistem operasi jaringan dengan kemampuan administrasi jaringan
firewall mikrotik
firewall mikrotik ( gambar : thewindowsclub.com )
memiliki keunggulan pada pengaturan sistem keamanan dengan menetapkan rute dari titik ke titik yang lain. salah satunya adalah firewall yang ikut terpasang pada didalamnya.
firewall mikrotik adalah feature yang berfungsi untuk menata rute jalur hak akses dari sebuah komunikasi yang melewati sebuah interface. di dalam pengaturan firewall terdapat sub feature yang disebut firewall NAT ( Network Address Translation ) yaitu pengaturan / penentuan hak akses dimana sebuah komunikasi yang melewati sebuah interface diperbolehkan atau dilarang untuk meneruskan komunikasi ke interface yang lain.
sebagai contoh, jika kita ingin memperbolehkan setiap koneksi yang datang dari interface ether2 untuk melewati interface lain misalkan ether1, maka ketentuan itu dapat di bentuk pada firewall nat pada mikrotik. sehingga dengan kondisi yang demikian jelas sudah fungsi dari firewall Nat pada mikrotik yaitu membatasi akses sebuah interface ke interface yang lain.
firewall juga dapat difungsikan sebagai sarana untuk membelokkan alamat tujuan dari koneksi yang tidak dikehendaki. kemampuan ini sering di manfaatkan oleh para administrator jaringan untuk melakukan pemblokiran sebuah alamat situs yang tidak dikehendaki untuk diakses oleh anggota jaringan yang terhubung ke sebuah interface pada mikrotik router.
sebagai kesimpulan dari keberadaan mikrotik pada perangkat router akan sangat dibutuhkan untuk membangun keamanan jaringan dengan penentuan rute-rute akses seberapapun banyaknya jaringan lokal yang kita miliki dan kita hubungkan pada sebuah router, sistem operasi mikrotik merupakan sistem operasi yang kompleks untuk pengaturan jaringan lokal kita dengan koneksi ke jaringan yang lebih tinggi atau bahkan jaringan global sekalipun.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment