Komputer dan sistem jaringan Komputer mikrotik microsoft office excel routeros routerboard cara mengatasi semua ada disini, mari berbagi

SISTEM JARINGAN KOMPUTER       L3 |  INFO TEKNOLOGI  |  NETWORKING  |  HARDWARE  |  SOFTWARE  |  MIKROTIK  |  TIP&TRIK KOMPUTER  |   CONTACT




Tuesday, March 29, 2016

Pengertian Harddisk dan Bagian - bagian Harddisk

Harddisk Drive (HDD) atau yang di kenal dengan Harddisk adalah sebuah media penyimpanan data secara Permanen yang terletak pada Perangkat Komputer (PC) atau Laptop. Harddisk dinyatakan sebagai media penyimpan data Permanen karenan ketika komputer atau laptop di matikan data yang sudah di simpan tidak akan hilang. sampai saat ini harddisk memiliki dua jenis yaitu Paralel ATA ( PATA ) dan Serial ATA ( SATA ), secara fisik keduanya sudah terlihat berbeda, Harddisk PATA di produksi terlebih dulu jauh sebelum jenis SATA muncul, Harddisk SATA merupakan hasil inovasi dari PATA dimana terdapat peningkatan tingkat kecepatan akses data.

bagian - bagian yang terdapat pada harddisk antara lain :

1. PLATTER 
Platter adalah sebuah Pelat (Piringan) yang berbentuk lingkaran yang berfungsi sebagai Media Penyimpanan data. Merupakan cakram padat yang memiliki pola magnetis pada sisi-sisi permukaanya . Platter terbuat dari Metal yang menggandung Jutaan magnet yang disebut dengan magnetic Domain. Domain-domain ini di atur dalam satu atau dua arah yang memawakili nilai biner "1" atau "2", dalam piringan tersebut terdapat beberapa sector dan track dimana keduanya adalah tempat penyimpanan data serta file system.  

2. SPINDLE 
Spindle adalah Suatu poros tempat Platter. Poros ini merupakan sebuah alat yang di gunakan untuk memutar pelat ( Piringan ) yang disebut Spindle Motor, Splindle ini salah satu yang dapat menentukan Bagus dan Tidaknya sebuah harddisk karena semakin cepat putrannya semakin Bagus pula harddisk yang kita milikki.

3. HEAD  
Head berfungsi sebagai pembaca data pada permukaan pelat dan merekam informasi di dalamnya. Head sendiri ada 2 bagian satu diatas permukan dan satu lagi di bawah permukaan.

4. LOGIC BOARD
Logic Board adalah papan pengoprasi pada hardisk. namun Logic Board terdapat bios hardisk yang berfungsi mendeteksi hardisk secara otomatis ketika dihubungakn dengan Motherboad, selain bios harddisk didalamnya terdapat switch atau pendistribusi power supply dan data dari harddisk ke motherboad untuk doi kontrol oleh prosesor.

5. ACTUAL AXIS 
Actual Axis adalah poros untuk menjadi pegangan atau tangan robot agar hardisk dapat membaca sector hardisk .

6. RIBBON CABLE
Ribbon Cable adalah penghubung antara head dengan Logic Board , dimana setiap data yang di baca oleh head akan dikirm ke logic board yang selanjudnya di kirim ke motherboad untuk di proses oleh prosesor.

7.IDE CONNECTOR
Ide Connector adalah kabel yang digunakan sebagai penghubung antara harddisk dan motherboard untuk menerima dan mengirim data , namun di era moderen ini Connector yang di gunakan adalah SATA jadi tidak perlu Connector IDE .

8.SETTING JUMPER
Setting Jumper berfungis sebagai tempat kedudukan hardisk tersebut.

9. POWER CONNECTOR
Power Connector adalah sumber arus dari power supply, sumber arus dalam hardis ada 2 :
a. teganggan 12Volt , sebagai Penggerak mekanik seperti Head dan pelan
b. tegangan 5Volt, sebagai menyuplai daya pada logic board agar dapat bekerja mengirim dan menerima data.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment