Komputer dan sistem jaringan Komputer mikrotik microsoft office excel routeros routerboard cara mengatasi semua ada disini, mari berbagi

SISTEM JARINGAN KOMPUTER       L3 |  INFO TEKNOLOGI  |  NETWORKING  |  HARDWARE  |  SOFTWARE  |  MIKROTIK  |  TIP&TRIK KOMPUTER  |   CONTACT




Wednesday, March 23, 2016

Pengertian Personal Komputer

Komputer, berasal dari bahasa latin compute yang artinya hitungan. sesuai dengan arti kata tersebut perangkat komputer bekerja berdasarkan hitungan yang akurat, dari hitungan terkecil sampai terbesar. pengertian-nya, komputer adalah sebuah perangkat yang terdiri dari rangkaian hardware dan telah ditanamkan sebuah program didalamnya.






element pembentuk komputer terdiri atas dua bagian yaitu  :
Hardware :
yang merupakan rangkaian dari beberapa perangkat elektronik dengan fungsi yang berbeda namun memiliki keterkaitan kinerja yang tepat. dimana hardware ini terbagi dalam beberapa kelompok besar diantaranya adalah :

  • Hardware Input
yaitu perangkat elektronik yang memiliki fungsi sebagai alat masukan terhadap sistem seperti, mouse, keyboard, touchscreen, touchpad, pen tool, barcode dll.


  • Hardware Proses
adalah perangkat elektronik komputer yang berperan sebagai pengelola informasi dan sumber dan sumber daya yang dimiliki oleh komputer. kelompok ini merupakan kelompok inti dari rangkaian perangkat keras komputer, namun pada dasarnya pekerjaan yhang dilakukan tetap tergantung dari masukan yang di berikan melalui hardware input. 

yang termasuk hardware proses diantaranya adalah RAM, Prosesor, ROM, dan beberapa elemen yang tertanam didalam sebuah motherboard

  • Hardware output
adalah perangkat elektronik yang menampung segala hasil pengolahan yang dilakukan oleh hardware proses, dimana hasil dari sebuah proses komputerisasi dapat berupa audio, graphic/video dan printout. yang termasuk kedalam kelompok perangkat ini diantaranya, monitor, speaker, printer , plotter, 


Software :
adalah sebuah prorgam yang tertanam / sengaja dipasang didalam rangkaian hardware, dimana program tersebut berupa kumpulan perintah-perintah pemrograman yang dapat di kirimkan kepada perangkat keras sehingga perangkat keras memahami dan bekerja sesuai perintah yang diterima.

terdapat dua jenis software yang dapat di pasang didalam sebuah rangkaian komputer yaitu

  • Sistem operasi / operating system
adalah sebuah program yang memiliki kemampuan untuk menterjemahkan bahasa digital menjadi bentuk biner, dimana bentuk biner inilah yang dapat dipahami oleh perangkat keras ( hardware ) komputer. keberadaan sebuah sistem operasi didalam rangkaian hardware bersifat wajib, karena tidak akan terjadi komunikasi sistem yang baik jika tidak terdapat sebuah sistem operasi didalamnya.
  • Aplikasi
merupakan sebuah program dengan beberapa kumpulan perintah untuk menghasilkan sebuah tujuan yang sama dan sesuai bidang program. artinya kumpulan dari ratusan bahkan ribuan perintah yang terdapat didalam aplikasi ini memiliki keterkaitan satu dengan yang lain,. namun keseluruhan dari perintah tersebut ditujukan untuk mendaptkan satu buah hasil pengolahan.

terdapat satu buah element lagi yang dikenal sebagai brainware , yaitu pengguna komputer/pihak yang menjalankan rangkaian hardware yang telah ditanami program ( software ), umumnya brainware adalah manusia, dimana yang termasuk brainware akan dikelompokkan kedalam beberapa level diantaranya, system analis, programer, teknisi, operator. pengelompokkan tersebut didasarkan atas bidang keahlianya masing-masing.

catatan : jika sebuah rangkaian perangkat keras yang hanya tertanam software maka itu akan disebuh sebagai komputer, sedangkan komputer yang di operasikan oleh brainware maka akan disebut sebagai sistem komputer

kesimpulannya : sistem komputer adalah bentuk kerjasama antara hardware, software dan brainware untuk mencapai satu tujuan melalui sebuah proses pengolahan data/informasi.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment