Komputer dan sistem jaringan Komputer mikrotik microsoft office excel routeros routerboard cara mengatasi semua ada disini, mari berbagi

SISTEM JARINGAN KOMPUTER       L3 |  INFO TEKNOLOGI  |  NETWORKING  |  HARDWARE  |  SOFTWARE  |  MIKROTIK  |  TIP&TRIK KOMPUTER  |   CONTACT




Thursday, April 28, 2016

Ciri Motherboard rusak - Laptop dan Desktop

Permasalahan yang sering muncul pada perangkat komputer baik laptop maupun desktop, kebanyakan
Troubleshooting motherboard
datang dari motherboard, namun jika anda mengalami beberapa masalah pada perangkat anda sebaiknya lakukan analisa yang tepat sebelum menyimpulkan kerusakannya. jika perangkat anda tidak menampilkan display pada layar monitor, hal pertama yang anda fikirkan harusnya perangkat RAM, karena RAM merupakan salah satu perangkat Hardware proses yang mudah sekali mengalami gangguan, mungkin pemasangan yang kurang tepat, terlalu panas atau kotor pada slot dan pin-nya.
namun jika cara tersebut tidak baerhasil menyelesaikan masalah, maka baru anda beranjak ke Motherboard, mengapa motherboard dan bukan Prosesor? perlu kirannya kita ketahui, bahwa perangkat Prosesor adalah perangkat yang didesaign sangat kuat, tahan terhadap suhu dan tahan lama, jadi sangat kecil kemungkinan terjadi kerusakan pada Prosesor.
ciri-ciri motherboard yang mengalami masalah adalah 
- Terjadi kenaikan suhu panas pada saat perangkat dinyalakan
Kondisi seperti ini menandakan adanya gangguan pada IC ( integrated circuit ) Chipset atau pada IC Power, sehingga secara logika ada kelebihan arus yang terdistribusi. kerusakan semacam ini akan merambah pada perangkat lain karena supply arus tidak seperti seharusnya, perlu anda ketahui arus yang didistribusi pada setiap perangkat pada motherboard harus Pas, tidak lebih dan tidak kurang. untuk mengatasinya anda harus faham tentang elektro, mencari dan menemukan IC tersebut dan memastikan mana yang rusak kemudian mengganginya dengan kapasitas dan seri yang sama.

- Tidak dapat mengakses program BIOS
kondisi seperti ini merupakan efek dari kurang stabilnya sebiah sistem, sehingga pengaksesan data / program termasuk BIOS tidak dapat dilakukan dengan sempurna, untuk menghindari kerusakan yang fatal silahkan anda lakukan reset BIOS, untuk memastikan apakah kerusakan pada motherboard ataukah program BIOS-nya, jika kerusakan terjadi pada Program BIOS maka proses reset BIOS akan menjadi solusi, namun jika itu tidak memberikan solusi maka secara umum motherboard anda yang mengalami kerusakan.

- Tidak adanya arus yang sampai pada Hetsing  FUN ( kipas Procesor )
Hal ini sudah jelas menunjukkan terjadi putusnya arus pada BUS penghantar arus di motherboard, penyebabnya bisa bervariasi, diantaranya, terputusnya BUS daya, atau bisa juga karena IC powec yang tidak dapat mendistribusikan arus dengan Baik. jelasnya kondisi seperti ini dikarenakan arus tidak sampai pada target.

- komputer menyala dan kemudian Mati.
kondisi ini umum dikarenakan kondisi motherboard yang tidak bagus, ada kenaikan suhu yang sangat drastis yang terjadi pada rangkaian, penyebabnya kebanyakan karena adanya pemasangan perangkat yang kurang tepat, umumnya pemasangan hetsing FUN prosesor, atau lalainya pemberian termal paste pada saat membongkar prosesor, mungkin itu hal sepele, namun jika anda lupa memberikan lapisan tersebut, kenaikan suhu pada motherborad akan semakin cepat, karena adanya singgungan langsung antara prosesor dan hetsing FUN, dan itu akan merambah ke amotherboard.

Artikel Terkait

1 comment: