Komputer dan sistem jaringan Komputer mikrotik microsoft office excel routeros routerboard cara mengatasi semua ada disini, mari berbagi

SISTEM JARINGAN KOMPUTER       L3 |  INFO TEKNOLOGI  |  NETWORKING  |  HARDWARE  |  SOFTWARE  |  MIKROTIK  |  TIP&TRIK KOMPUTER  |   CONTACT




Sunday, September 25, 2016

GPT disk windows 8 - Pengertian GPT Partition

gpt partition
gpt partition
GPT Patition adalah definisi standart layout table partisi pada harddisk yang menggunakan global unique identifier. gpt disk didukung dengan kapasitas penyhimpanan mencapai 9,4 zb ( zetta byte ) dan pembentukan partisi primary sampai dengan 128 partisi,berbeda dengan MBR Disk yang hanya dibatasi pembentukan partisi primary sampai 4 partisi saja.
Apa keuntungan menggunakan gpt partition, sebelum adanya gpt disk, jenis partisi adalah MBR ( Master Boot Record ), dimanna penyimpanan file system operasi terdapat pada sektor pertama disk tersebut, dan keutuhan system operasi dan firmware sangat bergantung pada kondisi dari sektor pertama, sehingga jika terjadi corrupt pada sektor pertama, kehilangan akses data bisa terjadi. sedang GPT Disk melakukan peniruan pada satu sektor yang lain bahkan lebih, dengan harapan jika terjadi kerusakan pada sektor pertama disk masih dapat bekerja karena terdapat sektor lain yang menggandakan sektor yang berisi system operasi, sebagai contoh yang mudah kita amati, system operasi yang support dengan gpt partition mulai Windows 8, memiliki feature reset setting yang bertujuan memperbarui file system operasi sehingga untuk proses tersebut tidak lagi membutuhkan CD instalasi ( file instalasi system ). hal ini dikarenakan adannya penggandaan file system operasi dan firmware pada sektor yang lain yang lokasi penyimpanannya telah di masukkan kedalam list file system operasi.
dengan adannya gpt partition, kebannyakan system operasi melakukan pengembangan pada produk software mereka untuk dapat mendukung penggunaan gpt Disk ( gpt partition ) dan memanfaatkan kelebihan dari gpt partition yang memang terbilang cukup banyak jika dibanding dengan Jenis Partisi MBR. dan perlu kita ketahui bahwa windows telah menggunakan Jenis partisi GPT sejak muculnya windows 8. dan system operasi yang belum didukung dengan gpt partition maka tidak dapat diinstal pada jenis partisi GPT, dengan kata lain kita harus merubah jenis partisi ke MBR.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment