Komputer dan sistem jaringan Komputer mikrotik microsoft office excel routeros routerboard cara mengatasi semua ada disini, mari berbagi

SISTEM JARINGAN KOMPUTER       L3 |  INFO TEKNOLOGI  |  NETWORKING  |  HARDWARE  |  SOFTWARE  |  MIKROTIK  |  TIP&TRIK KOMPUTER  |   CONTACT




Tuesday, September 27, 2016

Penyebab windows explorer tidak muncul dan cara mengatasinya

windows explorer
windows explorer
Windwos explorer - tidak muncul windows explorer saat start up windows, merupakan sebuah kerusakan yang terjadi pada program start up windows, bisa jadi karena terjadi perubahan karena ulah dari virus komputer, virus komputer kebanyakan melakukan beberapa perubahan pada informasi registry sehingga windows berjalan dengan tidak semestinya.

windwos explorer merupakan program yang mengemas beberapa fitur windows seperti taskbar, jendela explorer, dan start menu serta menampilkan fitur desktop. sehingga jika terjadi kegagalan dalam menjalankan windows explorer akan terjadi banyak fitur windows yang tidak bisa dijalankan, sehingga komputer tidak dapat digunakan.

sedangkan cara mengatasi hal tersebut adalah dengan mengembalikan ( mengubah ) informasi nilai pada registry yang telah berubah ( diubah ) oleh virus, yaitu dengan bersinggungan langsung dengan file registry yang berhubungan dengan program start up windows. sebenarnya kita masih dapat menampilkan windows explorer melalui task manager, namun hal serupa akan kembali terjadi saat terjadi restart pada komputer karena startup nya belum di perbaiki, dengan memanfaatkan program RUN yang masih bisa diakses, kita dapat membuka jendela registry, langkahnya adalah :

  1. Gunakan kombinasi tombol Win+R dan ketikan regedit kemudian klik tombol ok atau tekan enter
  2. setelah terbuka jendela registry editor, disebelah kiri jendela registry editor, buka folder HKEY_LOCAL_MACHINE/Software/Microsoft/WindowsNT/CurrentVersion/WinLogon
  3. Kemudian pada jendela sebelah kanan temukan value dengan nama Shell
  4. jika sudah ketemu, klik kanan value tersebut dan pilih ( klik ) Modify.
  5. setelah muncul jendela modify, ketikkan explorer.exe pada kotak value data dan tekan tombol ok.
untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar 1. 
windows explorer
windows explorer ( gambar 1 )
dengan demikian windows explorer akan langsung muncul saat windows start up, value shell itulah yang telah dirubah oleh program attacker ( virus ). 

artikel penyebab windows explorer tidak muncul dan cara mengatasinya -  semoga bisa menjadi tambahan ilmu yang dapat dimanfaatkan untuk proses pembelajaran komputer.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment