Komputer dan sistem jaringan Komputer mikrotik microsoft office excel routeros routerboard cara mengatasi semua ada disini, mari berbagi

SISTEM JARINGAN KOMPUTER       L3 |  INFO TEKNOLOGI  |  NETWORKING  |  HARDWARE  |  SOFTWARE  |  MIKROTIK  |  TIP&TRIK KOMPUTER  |   CONTACT




Saturday, March 26, 2016

Pengertian dan Fungsi RAM ( Random Access Memory )

Random Access Memory ( RAM ). Sumber : blogsolu.com
RAM ( Random Access Memory ) adalah perangkat komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan pada sistem komputer terhadap data informasi yang akan atau sedang di proses oleh sistem. sering kita sebut sebagai memori utama sistem komputer, karena keberadaanya didalam sistem sangat mempengaruhi kegiatan proses komputing.
memori Utama ( RAM ) memiliki kapasitas dan jenis yang beragam, semakin besar kapasitas dan semakin baru jenis yang dimilikinya maka dukungan yang diberikan pada kegiatan proses komputing akan semakin besar, jelas bahwasanya semakin besar kapasitas RAM yang digunakan akan semakin cepat kinerja sistem.
Penggunaan RAM ini harus menyesuaikan dengan SLOT RAM yang terdapat pada Motherboard selaku papan induk yang menghubungkan setiap hardware menjadi satu rangkaian komputer, dimana jenis RAM tersebut antara lain, SD-RAM, Dinamyc RAM, DDR, DDR1, DDR2 DDR3 dsb.

meskipun memiliki jenis yang berbeda, RAM terbentuk berdasarkan beberapa bagian yang sama antara lain :
- PCB ( Paralel Circuit Board )
merupakan bagian utama yang menghubungkan Setiap komponen RAM menjadi satu bentuk utuh

- DRAM ( Dynamic RAM )
adalah bagian RAM yang memiliki ruang penyimpanan, bagian ini yang menentukan besaran kapasitas RAM

- PIN Konentor
merupakan bagian RAm yang terhubung langsung ke Motherboard.

- NOTH ( lekukan )
bagian ini terdapat diantara PIN Konektor RAM, yang menentukan jenis RAM, letak dari lekukan ini tidaklah sama, dan penggunaanya harus disesuaikan dengan kondisi Slot RAM yang terdapat pada Motherboard.

Artikel Terkait

1 comment:

  1. Terima kasih kak informasinya sangat membantu sekali..

    oh ya kami bahas hal yang sama juga loh..
    mampir yuk untuk share ilmu dan tambah-tambah bacaan.

    https://bangamingadget.com/peran-ram/

    terima kasih

    ReplyDelete