Komputer dan sistem jaringan Komputer mikrotik microsoft office excel routeros routerboard cara mengatasi semua ada disini, mari berbagi

SISTEM JARINGAN KOMPUTER       L3 |  INFO TEKNOLOGI  |  NETWORKING  |  HARDWARE  |  SOFTWARE  |  MIKROTIK  |  TIP&TRIK KOMPUTER  |   CONTACT




Sunday, March 27, 2016

Penyebab Utama Laptop cepat Panas

Laptop Panas - Photo : kampung info.blogspot.com
Laptop merupakan perangkat yang banyak menjadi pilihan pada masa sekarang ini, selain fleksibel dapat dibawa kemana - mana, perangkat ini juga ramah listrik, tidak terlalu memberi beban pada listrik. seiring dengan perkembangan laptop saat ini ramai juga keluhanyang datang dari para penggua perangkat laptop, mulai dari keluhan jardware sampai pada softwarenya.
" laptop cepat panas ", adalah masalah yang paling umum ditemukan pada perangkat yang satu ini, pada dasarnya terdapat aturan baku ( bisa dikatakan sebagai koidah ) hehehe. jika kita perhatikan dari sisi bentuk secara fisik, antara laptop dan perangkat perangkat Desktop, terdapat perbedaan yang sangat jauh secara fisik, Desktop cenderung di design lebih longgar dan memiliki ruang yang lega untuk rangkaian komputernya, beda dengan laptop, dengan ruang yang semakin diminimalis untuk menonjolkan sisi elegan, maka rangkaian perangkat didalamnya menjadi korban dengan struktur penataan yang sangat padat.
hal tersebut sudah merupakan salah satu penyebab cepat naiknya suhu panas didalam laptop. Benar jika kita dapat pengaturan sirkulasi suhu udara sudah dirancang sedemikian rupa, namun sangat kecil ventilasi yang diberikan paa laptop untuk melakukan sirkulasi udara tersebut.
seiring berjalannya waktu penggunaan pada perangkat laptop, akan tersimpan banyak sekali kotoran kecil / lembut ( debu ) yang masuk kedalam cashing laptop, inilah momok utama yang menjadi penyebab keluhan yang kebanyakan dirasakan pengguna laptop.
sekarang jika kita gabungkan dua faktor penyebab tersebut, pertama kondisi kerapatan rangkaian yang hampir tidak ada ruang untuk sirkulasi udara bebas dan banyaknya kotoran yang masuk kedalam laptop, sistem pendingin pada laptop hanyalah berupa rambatan panas dimana panas akan dibuang oleh sebuah FAN kecil yang hanya hidup disaat menerima rasa hawa panas melalui sensor panas, sensor panas, jika kondisi dari ventilasi udara laptop tertutup debu, maka panas tidak akan terbuang keluar dan hanya berputar didalam, sehingga dengan kondisi seperti itu, sensor panas akan mudah rusak , dan jika kerusakan itu terjadi maka akan menghentikan kinerja FAN yang seharusnya membuang udara panas, kesimpulannya : pennyebab Panas sesungguhnya adalah Human error, membersihkan perangkat paltop dari kotoran adalah Tugas masing-masing pemiliknya, jika enggan untuk membersihkan maka keluhan tersebut akan hadir dan merusak perangkat Laptop.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment