Komputer dan sistem jaringan Komputer mikrotik microsoft office excel routeros routerboard cara mengatasi semua ada disini, mari berbagi

SISTEM JARINGAN KOMPUTER       L3 |  INFO TEKNOLOGI  |  NETWORKING  |  HARDWARE  |  SOFTWARE  |  MIKROTIK  |  TIP&TRIK KOMPUTER  |   CONTACT




Sunday, July 17, 2016

Pengertian dan Fungsi Motherboard

Motherboard
Motherboard adalah perangkat komputer yang  tersusun dari beberapa perangkat elektronik dan disatukan secara permanen yang memiliki fungsi utama untuk menjadi sentral rangkaian dari hardware komputer. motherboard disebut juga sebagai papan induk, karena setiap perangkat keras komputer akan terhubung ke motherboard baik perangkat input , output maupun hardware proses.
motherboard dilengkapi degnan sebuah program dasar yang disebut dengan BIOS ( Basic Input Output System ) dimana program tersebut merupakan program untuk mendeteksi, menyediakan list / daftar dari setiap benda elektronik yang terpasang pada motherboard tersebut. program BIOS ini juga akan mendeteksi setiap perangkat lain yang terhubung secara fisik pada motherboard dengan catatan perangkat lain tersebut terhubiung melalui port-port input maupun output yang dimiliki oleh motherboard.
PCB ( paralel circuit Board ) pada motherboard sendiri memiliki 6 lapisan dan di kelompokkan menjadi tiga pasang dimana setiap pasang dari lapisan tersebut merupakan sebuah jalur dengan fungsi yang sama dan sering disebut Sebagai BUS.
Tiga jalur / BUS pada Motherboard adalah Data BUS ( jalur yang digunakan untuk transportasi data / perpindahan data ), Address BUS ( jalur yang berfungsi untuk menentukan letak alamat dari sebuah port, sehingga dalam komunikasi antar hardware tidak terdaji miss comunication ) dan control BUS ( jalur yang di gunakan untuk melakukan monitoring dan repairing serta annotation oleh system kepada pengguna tentang keadaan hardware Komputer.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment