Komputer dan sistem jaringan Komputer mikrotik microsoft office excel routeros routerboard cara mengatasi semua ada disini, mari berbagi

SISTEM JARINGAN KOMPUTER       L3 |  INFO TEKNOLOGI  |  NETWORKING  |  HARDWARE  |  SOFTWARE  |  MIKROTIK  |  TIP&TRIK KOMPUTER  |   CONTACT




Sunday, October 2, 2016

cara memberi password excel 2010 dan 2013

Password excel 2010 maupun 2013 merupakan langkah penting untuk memberikan keamanan yang lebih pada sebuah file excel yang telah kita susun sedemikian rumit, sehinggga kita tidak khawatir akan dirusak oleh orang lain, karena mincrosoft office merupakan apllikasi yang berbau pemrograman dimana kita dapat membuat program terstruktur sesuai yang kita inginkan.

dengan memberikan password pada excel, paling tidak dapat memaksa orang lain untuk meminta ijin dulu agar dapat menggunakan file tersebut. password excel memiliki bermacam bagian, yaitu mulai dari memproteksi satu file penuh, artinnya untuk membuka file tersebut kita akan diminta untuk memasukkan kombinasi password yang telah dibuat, yang kedua adalah memproteksi Setiap sheet yang telah dibangun didalam microsoft excel, artinnya yang di proteksi hanya sheetnya saja.

dengan kata lain, file dapat terbuka tanpa password, namun untuk melakukan perubahan didalamnya akan dimintai pasword, alternatif lain yaitu dengan memberikan proteksi pada sebagian sel saja pada sebuah sheet, artinnya pada sebuah sheet ada beberapa sel yang dapat diisi atau dilakukan perubahan dan sel-sel yang lain tidak dapat dirubah.

untuk melakukan proteksi excel secara utuh ( memberi password pada sebuah file sehingga untuk membuka file tersebut harus memasukan password ) kita dapat melakukan dengan langkah berikut :

  1. buka file microsoft excel yang ingin kita berikan pasword
  2. buka menu file dan pilih protect workbook kemudian lanjutkan dengan klik pada encrypt with password
  3. setelah muncul jendela encrypt document isikan password dan akhiri dengan tombol ok
dengan demikian saat kita tutup file tersebut dan kita buka kembali anda akan diminta untuk memasukkan password agar dapat mengakses isi file. untuk lebih jelasnnya lihat gambar 1
password excel 2010
gambar 1 ( password excel 2010 )


berikutnnya untuk mengunci sheet hanya dengan satu langkah yaitu buka menu Home pilih Format dan klik protect sheet, hilangkan centang pada select locked cell dan masukkan pasword kemudian klik ok.

untuk melakukan proteksi pada sebagian sel saja, langkahnya sebagai berikut :

password excel 2010
gambar 2 ( password excel 2010 )
  1. select  ( blok ) sel-sel yang nantinya diinginkan untuk masih bisa dirubah isinnya,
  2. buka Menu Home dan klik "lock cell"
  3. ulangi kembali dengan klik para tool format, kemudian pilih Protect sheet
  4. hilangkan centang pada "locked cell" kemudian masukkan Password yang diinginkan akhiri dengan tombol ok
  5. untuk mengkonfirmasi password yang kita berikan kita akan diminta untuk melakukan konfirmasi password, masukkan lagi password yang sama dan akhiri dengan tombol ok lihat gambar 2 dan 3
password excel 2010
gambar 3 ( password excel 2010 )


dengan mengetahui langkah cara memberi password excel 2010 atau 2013 diharapkan keamanan terhadap file-file excel yang kita miliki, dan membatasi siapa-siapa yang kita perbolehkan untuk melakukan akses pada file yang  kita miliki.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment