Komputer dan sistem jaringan Komputer mikrotik microsoft office excel routeros routerboard cara mengatasi semua ada disini, mari berbagi

SISTEM JARINGAN KOMPUTER       L3 |  INFO TEKNOLOGI  |  NETWORKING  |  HARDWARE  |  SOFTWARE  |  MIKROTIK  |  TIP&TRIK KOMPUTER  |   CONTACT




Monday, October 3, 2016

pengertian vpn dan fungsi vpn serta cara kerja

pengertian vpn dan fungsi vpn
pengertian vpn dan fungsi vpn ( gambar1 )
Pengertian VPN
VPN ( Virtual private network ) merupakan bentuk hubungan jaringan yang bersifat privacy ( pribadi ) dan di bangun didalam jaringan berbasis global ( internet ), dengan kalimat lain pengetian vpn adalah sebuah jaringan individu dengan koneksi pribadi untuk diakses oleh pihak-pihak yang ditentukan dan memanfaatkan jaringan global sebagai jalan koneksi-nya.

secara garis besar pengertian vpn dapat digambarkan sebagai sebuah bangunan jalan terowongan  dimana orang lain tidak pernah dapat melihat apa yang di angkut dan dipindah tempatkan melalui terowongan tersebut. namun terowongan tersebut berada ditempat umum yang dilalui banyak orang.

Pengiriman data melalui vpn merupakan paket data yang dienkripsi sehingga sangat tertutup meskipun di lewatkan melalui jalur global atau jaringan umum yang digunakan oleh orang seluruh dunia. 

cara kerja dari VPN ( virtual Private Network ) 
sistem jaringan didalam jaringan merupakan metode cara kerja dari VPN atau disebut dengan tunneling ( terowongan ). tunneling sendiri merupakan pembentukan koneksi antar jaringan yang bersifat pribadi dengan memanfaatkan infrastruktur jaringan lain, dalam kasusnya VPN menggunakan jaringan internet sebagai infrastrukturnya. perhatikan gambar1 sebagai gambaran hubungan antar jaringan dengan VPN.


Fungsi VPN
1. Menjaga kerahasiaan data
VPN memiliki metode enkripsi ( pengacakan data yang dikirim ) sehingga data yang lewat dalam jaringan VPN akan aman dari pencurian data. jika terjadi penyadapan terhadap data yang di transmit, maka metode enkripsi akan cukup untuk membingungkan penyadap, fungsi VPN berikutnya

2. Keutuhan data
Fungsi VPN berikutnya adalah dengan dilengkapinya VPN dengan teknologi yang mampu menjaga keutuhan data mulai data tersebut ditransmisikan sampai data diterima oleh alamat tujuan. teknologi tersebut mampu menjaga data dari segala macam gangguan, kerusakan atau bahkan manipulasi data.

3. Autentikasi sumber
fungsi vpn yang lain adalah melakukan autentikasi pada sumber data yang akan diterima dari proses transmisi. vpn memiiki kemampuan untuk memeriksa data yang akan masuk serta melakukan akses alamat sumbernya, ini berarti fungsi dari vpn adalah menghindari adannya pengiriman data dari pihak-pihak yang tidak diperkenankan dalam jaringannya, dengan cara memeriksa sumber data yang ditransmisikan benar-benar dari sumber yang seharusnya, jika tidak maka akan ditolak.

Kelebihan dari VPN antara lain :

  1. memungkinkan setiap karyawan dapat mengakses jaringan dimanapun mereka berada
  2. melakukan remote access, artinnya dengan vpn kita dapat melakukan remote host yang lain selama kita terhubung ke jaringan internet sebagai infrastruktur yang digunakan
  3. menghemat biaya pengadaan jaringan bertaraf global, karena sudah tersebia jaringan internet
  4. Meningkatkan skalabilitas, yaitu perluasan yang tidak terhingga pada jaringan.

Artikel Terkait

1 comment: