Komputer dan sistem jaringan Komputer mikrotik microsoft office excel routeros routerboard cara mengatasi semua ada disini, mari berbagi

SISTEM JARINGAN KOMPUTER       L3 |  INFO TEKNOLOGI  |  NETWORKING  |  HARDWARE  |  SOFTWARE  |  MIKROTIK  |  TIP&TRIK KOMPUTER  |   CONTACT




Monday, July 25, 2016

Mengadministrasi Server dalam Jaringan Komputer

Administrasi Server
Server adalah Perangkat komputer dengan spesifikasi khusus yang mempu memberikan layanan dan batasan-batasan akses pada komputer lain yang  berada pada area Hak aksesnya.  server dikatakan sebagai komputer yang memberikan layanan ( service ) kepada setiap client yang berada dalam satu jaringan dengan server tersebut.
Fungsi Server
Fungsi server dalam mengatur adalah bagaimana server mengatur dalam memberikan batasan-batasan hak akses untuk setiap client yang terhubung padanya. seperti akses komunikasi transfer file antar client, layanan untuk berbagi resource sampai pada akses koneksi internet.

selain dari yang tertera diatas, server juga berfungsi sebagai pusat keamanan ( firewall ) bagi client-nya. sehingga dalam hal ini server memiliki kemampuan untuk mencegah akses dari luar jaringan yang dianggap berbahaya bagi keamanan jaringan yang ada dibawahnya. 

Layanan Server yang diberikan pada client diantarannya adalah

1. WEB Server 
web server merupakan aplikasi jaringan yang memberikan layanan kepada client untuk dapat mengakses halaman internet di seluruh dunia. untuk bisa saling berkomunikasi antara server dengan client dalam layanan WEB server, perlu di adaknnya aplikasi browser pada client, dimana dalam komunikasi akan menggunakan protokol sendiri yaitu Hyper Text Transfer Protokol yang sering kita kenal sebagai HTTP.

2. DNS Server
Merupakan program yang memiliki kemampuan untuk melakukan konversi dari sebuah nama Host menjadi alamat IP dan sebaliknya. contohnya adalah http://206.190.36.45 diubah menjadi http://www.yahoo.com/

3. MAIL Server
merupaka sebuah aplikasi yang mengatur komunikasi pengiriman dan penerimaan email. dimana dalam melakukan proses-proses tersebut di perlukan adanya 2 aplikasi utama yaitu Mail transfer agent ( MTA ) dan Mail user agent ( MUA )

4, File Transfer Protocol
FTP disini mengunakan Protokol TCP karena proses pengirimannya yang akurat artinya data pengiriman di lakukan secara total dan terpisah serta jika terjadi kerusakan file yang di transfer, maka akan dimintakan kembali kepada pengirimnya.

5. Proxy server
adalah sarana untuk menyimpan halaman-halaman yang pernah diakses oleh client atau bahkan oleh server, keuntungannya adalah efisiensi dalam komunikasi trandfer data, jika mengambil dari cache yang disediakan oleh proxy maka tidak perlu waktu lama untuk menampilkannya ke client yang meminta halaman tersebut, dengan begitu bandwith pun tidak terlalu banyak digunakan.

6. SMB Server
samba merupakan server yang memiliki power full yang memilikimkemampuan layanan untuk terjadinya sharing antara sistem berbasis linux dengan sistem berbasis windows.

7. DHCP Server ( Dynamic Host Control Protocol )
merupakan program yang memiliki kemampuan untuk mendistribusikan IP address secara otomatis kepada client yang terhubung pada server. dalam penerapnnya Client yang terkoneksi akan mengirimkan permintaan alamat pada server melalui program dhcp client, dan server akan mengalokasikan alamat mana yang paling tepat yang diberikan untuk client tersebut. mekanisme seperti ini akan sangat membantu administrator jaringan dalam mengelola anggota jaringan komputer.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment